SUKA Maneron: Susu Kacang desa Maneron

Sebagian besar sawah dari penduduk Maneron ditanami kacang tanah. Hasil panen dari kacang tanah hanya dijual di pasaran dengan kualitas kacang tanah yang rendah. Kacang tanah merupakan jenis kacang-kacangan yang sangat bermanfaat bagi manusia,  Pemanfaatan kacang tanah selama ini (di desa Maneron) hanya dijadikan sebagai bumbu masakan. Namun, kacang tanah juga diolah sebagai produk unggulan desa menjadi bahan ekonomi tinggi yaitu susu kacang.



Kacang-kacang pada umumnya menyimpan nutrisi penting dan lengkap bagi tubuh. Kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Nutrisi pada manfaat kacang tanah ini diyakini sebanding dengan manfaat kacang kedelai (soya). Satu cangkir kacang mentah mengandung sekitar ((healthyeating.sfgate.com,Health Benefits of Raw Peanuts, diakses 26 November 2014)) :
828 kalori (8% dari kebutuhan harian)
72 gram lemak (110% dari kebutuhan harian)
37 gram protein (73% protein dari kebutuhan harian)
24 gram karbohidrat (8% dari kebutuhan harian)
12 gram serat (19% dari kebutuhan harian)
10 gram lemak jenuh (50% dari kebutuhan harian

Pembuatan susu kacang dengan cara merebus kacang tanah tanpa kulit. Setelah matang, membuang kulit ari pada kacang dan menghaluskan menggunakan blender. Menambahkan air supaya larut sehingga diperoleh sari kacang, kemudian direbus dengan menambahkan gula secukupnya sambil diaduk hingga mendidih.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes